Pages

Jumat, 03 Mei 2013

Budidaya Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L)

A.    Karakteristik Komoditas
Timun memiliki klasifikasi:
Kingdom         : Plantae
     Divisio             : Spermatophyta
     Sub division    : Angiospermae
     Class                : Dicotyledonae
     Ordo                : Cucurbitales
     Family             : Cucurbitaceae
     Genus              : Cucumis
     Species            : Cucumis sativus L
Mentimun (Cucumissativus L.; suku labu-labuanatau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya padausia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik. Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti  torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masakdan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.




B.     Morfologi Mentimun
     Ketimun mempunyai sulur dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun. Sulur  ketimun adalah batang yang termodifikasi  dan ujungnya peka sentuhan. Bila menyentuh  galah  misalnya, sulur akan  mulai melingkarinya. Dalam 14 jam sulur itu  telah melekat kuat pada  galah  itu. Kira-kira sehari setelah  sentuhan pertama sulur mulai bergelung, atau menggulung  dari bagian  ujung maupun pangkal  sulur. Gelung gelung terbentuk mengelilingi suatu titik di tengah sulur yang  disebut titik gelung balik. Dalam 24 jam sulur telah tergulung ketat.
a.  Batang
                        Batang tanaman ketimun berbulu kasar, basah, dan mempunyai panjang 0,5-2,5 meter. Daunnyamerupakan daun tunggal, letaknya berseling, bertangkai panjang, da  bentuknya bulat telur lebar Daun ini bertajuk 3-7 dengan pangkal berbentuk  jantung,  ujungnya runcing dan tepinya bergerigi. Panjangnya 7-18 cm lebar 7-15 cm,dan  warnanyahijau.
b.  Bunga
                        Bunga tanaman Cucumis sativus ada yang jantan berwarna putih kekuningan dan bunga betinanya  berbentuk seperti terompet yang ditutupi oleh bulu-bulu.
c.  Daun
                        Daunnya merupakan daun tunggal, letaknya berseling, bertangkai panjang, dan bentuknya bulat telur lebar. Daun ini bertajuk 3-7 dengan pangkal  berbentuk jantung, ujungnya  runcing dan tepinya bergerigi. Panjangnya 7-18 cm, lebar 7-15 cm, dan warnanya hijau. Daun dan tangkai Cucumis sativus bisa dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus..
d.  Buah Mentimun
                        Buah ini panjangnya 10-30 cm dan bagian pangkalnya berbintil, tumbuh  menggantung, berlilin putih, warnanya hijau dan setelah tua  warnanya kuning kotor.   Buah mentimun  bila  ditinjau dari sudut susunannya tidak jauh berbeda dengan buah buni. Biasanya kulit buah yang di bagian luar lebih tebal dan lebih kaku, ruangan buah selain berisi biji-biji dalam jumlah yang besar masih mempunyai bagian yang kosong. Buah mentimun terjadi dari tiga daun buah yang  tepinya melipat ke dalam dan merupakan sekat-sekat sejati, tetapi ujung daun-daun  buah itu  melipat lagi ke arah dinding buah, sehingga ruang-ruang yang telah terjadi dari tengah-tengah  buah terbagi lagi oleh sekat-sekat yang tidak sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa buah   mentimun pada mulanya mempunyai tiga ruangan, yang masingmasing terbagi dua lagi  oleh  sekat yang tidak sempurna. Jika buah telah masak, sekat-sekat  lenyap, hingga buah hanya  mempunyai satu ruangan saja dengan rongga yang kosong ditengahnya. Buahnya bisa dimakan  mentah, direbus, dikukus, atau disayur. Bisa juga dibuat acar atau dimakan bersama rujak Daging buah ketimun mengandung banyak air yang berwarna putih atau kekuningan. Di dalam buah terdapat banyak biji yang bentuknya lonjong meruncing pipih dan warnanya putih kotor.
C.     Syarat Tumbuh
Ketimun dibudidayakan dimana-mana, baik di ladang, halaman rumah atau di rumah kaca. Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang terus menerus. Pertumbuhan nyamemerlukan kelembaban udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan mendapat sinar matahari penuh dengan drainage yang baik. Ketimun sebaiknya dirambatkan kepara-para dan tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1.300 m dpl. Tanaman ini diduga berasal dari daerah pegunungan Himalaya di India Utara
a.              Iklim
         Ketinggian tempat : 1 m - 1.000 m di atas permukaan laut
         Curah hujan tahunan : 800 mm - 1.000 mm/tahun
         Bulan basah (di atas 100 mm/bulan) : 5 bulan - 7 bulan
         Bulan kering (di bawah 60 mm/bulan) : 4 bulan - 6 bulan
         Suhu udara : 170 C - 230 C
         Kelembapan : sedang
         Penyinaran : sedang - tinggi
b.              Tanah
         Tekstur : lempung
         Drainase : baik
         Kedalaman air tanah : 50 cm - 200 cm dari permukaan tanah
         Kedalaman perakaran : di atas 15 cm dari permukaan tanah
         Kemasaman (pH) : 5,5 - 6,8
         Kesuburan : tinggi

D.    Teknologi Produksi Komoditas
Perlakuan yang Diterapkan Komoditas :
a.       Cara Persemaian
            Bibit mentimun di jadikan kecambah terlebih dahulu dengan cara di semaikan di dalam campuran merang,setelah menjadi kecambah di masukan di dalam polibag ukuran 4 cm x 7 cm, untuk media polibag ini usahakan dari kompos yang di campur TSP secukup nya lakukan penyiraman 1 atau 2 kali sehari pagi dan sore yang air yang juga secukupnya serta jangan lupa lakukan penyemprotan dengan fungisida atau insektisida agar untuk menahan penyakit dan hama yang merusak semaian mentimun serta pindakan bibit apabila sudah berdaun 2 atau 3 daun yang sempurna bisa juga di hitung dengan  hari yaitu kisaran 10 sampai 15 hari.
b.      Persiapan Lahan         
            Tanah diolah dengan dibajak atau dicangkul untuk membuat guludan dengan tinggi antara 40-50 cm, lebar 60 cm, jarak antar guludan 40 cm. Biarkan tanah kering selama minimal 1 minggu. Rapikan guludan sambil memperbaiki saluran air diantara guludan. Pemakaian mulsa plastik disarankan untuk mendapat hasil yang lebih baik. Pupuk dasar diberikan pada saat penanaman biji mentimun, yaitu SP-36, NPK dan ZA. Dengan membuat lubang memakai tugal, lubangnya didekat biji mentimun yang ditanam.
c.       Penanaman
Penanaman dari biji yang sudah di kecambahkan ;
            Sebelum pemindahan tanaman mentimun dari persemaian  siram terlebih dahulu tanah yang telah di buat bedengan ini di maksudkan untuk menjaga kondisi kelembaban tanah yang seimbangn dengan persemaian dan penyesuaikan suhu tanah dari tempat persemaian awal agar tidak mati.
Penanaman dari biji :
1.      Pembuatan lubang tanam dua baris atau double rows 60 x 30 cm, masukkan biji mentimun dalam lubang dengan jumlah biji 3 biji perlubang sedangkan lubang pupuk dapat ditugal 5 cm disamping lubang tanam.
2.      Benih ditanam sedalam 1 cm, 3 benih perlubang tanam.
3.      Benih ditutup dengan abu jerami pada musim kemarau dan pada musim hujan dengan abu ditambah pupuk kandang.
4.      Penyulaman dilakukan secepatnya agar pertumbuhan tanaman seragam.
d.      Pemeliharaan tanaman
1.      Penjarangan dan Penyulaman
     Selama 2 (dua) minggu setelah ditanam, mentimun harus harus diamati kontinu, terutama bibit yang mati atau tumbuh secara abnormal.Bibit yang mati harus segera disulam.Cara menyulam adalah dengan mencabut bibit yang mati, kemudian diganti dengan bibit yang baru.Penyulaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, pada saat sinar matahari tidak terlalu terik dan suhu udara tidak terlalu panas.Biji mentimun untuk penyulaman sebelumnya dipersiapkan atau ditanam ditempat yang teduh.
2.      Pemupukan
     Pemupukan dilakukan 3 kali dengan dosis 10 gr per tanaman atau 1 sendok teh untuk aplikasi pertama pada umur 12 hst. Sedangkan aplikasi kedua dan ketiga dengan dosis 20 gr pertanaman atau 1 sendok makan pada umur 25 dan 45 hst. Pupuk diletakkan pada jarak 10 – 20 cm dari tanaman.
3.      Pengairan
     Pengairan diberikan setiap selesai pemupukan. Sedangkan pengairan rutin diberikan dengan melihat kondisi tanah di bawah mulsa.Pada musim hujan, yang harus diperhatikan adalah drainase yang harus terbuka untuk membuang air dari dalam areal tanaman.
4.      Pemasangan lanjaran atau pengajiran
     Pemasangan lanjaran bisa dilakukan atau dipasang tanaman belum transplanting atau dipasang setelah 2 minggu tanam. Pengajiran bertujuan untuk tanaman agar tumbuh tegak ke atas dan memperoleh sinar matahari secara optimal.Selain itu ajir juga berfungsi untuk merambatkan tanaman, memudahkan pemeliharaan dan tempat menopang buah.Pengajiran dilakukan seawal mungkin (± 5 hari setelah tanam) agar tidak mengganggu dan merusak perakaran tanama.Tinggi ajir ± 2 meter.cara pengajiran yaitu: mengikat batang tanaman (di bawah daun pertama),  melilitkan tali kasur pada batang tanaman.
5.      Pembumbunan
     Pembumbunan adalah penimbunan tanah dipangkal rumpun tanaman sehingga menutup rimpang yang mungkin muncul dipermukaan tanah.Dengan demikain, pembumbunan juag berarti memperluas wilayah tumbuh akar dan rimpang, sehingga daya tembus akar dan pembesaran rimpang menjadi makin leluasa.Dengan pembumbunan, partikel tanah yang besar dihancurkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.Kegiatan pembumbunan dalam budi daya tanaman bisa dilakukan bersama-sama dengan penyiangan.Saat dilakukan penyiangan, tanah-tanah disepanjang barisan tanaman ditimbunkan dipangkal rumpun tanaman. Cara ini sekaligus juga menciptakan parit-parit di atas bedengan yang akan semakin melancarkan drainase. Tanah yang tergenangi air dan terlalu lembab bisa memicu serangan penyakit sehingga tanaman mudah membusuk.Umunya kegiatan pembumbunan sampai panen tiba dilakukan sebanyak tiga kali. Namun, ditanah yang ringan kegiatan ini harus dilakukan agak sering, terutama setelah turun hujan yang bisa mengikis tanah dipangkal tanaman
6.      Pewiwilan dan Pengikatan          
     Wiwil adalah pekerjaan membuang tunas-tunas yang tumbuh di ruas ke 3 atau 4. Dampak positif dari wiwil ini adalah mempercepat pertumbuahan tanaman ke atas disamping untuk merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru, Sedangkan fungsi ikat adalah agar tanaman dapat menjalar ke atas, sehingga tanaman dapat tumbuh tegak. Dengan ikat akan mempermudah pelaksanaan pemeliharaan dan panen.
7.      Penyiangan.
     Penyiangan dilakukan untuk menghilangkan gulma.

e.       Panen
Timun mercedes dapat dipanen setelah tanaman berumur 38 – 40 hari sejak tanam. Buah yang dipanen berukuran panjang sekitar 18 – 20 cm dengan berat antara 80- 120 g. Buah yang berbentuk lurus berdiameter 1,5 – 2,5 cm dengan berat 20 g adalah buah kualitas super. Saat panen yang baik adalah pagi hari antara pukul 06.00-10.00 dan sore hari antara pukul 15.00-17.00.

3 komentar:

  1. terimakasih :)
    sangat membantu untuk tugas kuliah saya..

    BalasHapus
  2. Saya SEKARANG FULFILL BERHARGA KERUGIAN DARI PINJAMAN I GOT DARI LFDS. Saya ingin membawa ini kepada notis orang ramai tentang bagaimana saya menghubungi LFDS selepas saya kehilangan pekerjaan saya dan ditolak pinjaman oleh bank saya dan kewangan lain institusi kerana skor kredit saya. Saya tidak dapat membayar yuran anak saya. Saya tertinggal di atas bil, kira-kira akan dibuang keluar rumah kerana saya tidak dapat membayar sewa saya. Pada masa ini, anak-anak saya diambil dari saya oleh penjagaan angkat. Kemudian saya berikan untuk mencari dana dalam talian di mana saya kehilangan $ 3,670 yang saya dipinjam dari rakan-rakan yang saya telah merobek oleh dua syarikat pinjaman dalam talian. Sehingga saya membaca tentang: Perkhidmatan Pembiayaan Le_Meridian (lfdsloans@outlook.com / lfdsloans@lemeridianfds.com) di suatu tempat di internet, Masih tidak meyakinkan kerana apa yang saya telah lalui sehingga saudara saya yang seorang paderi juga memberitahu saya mengenai skim pinjaman LFDS yang berterusan pada kadar faedah yang sangat rendah sebanyak 1.9 %% dan terma pembayaran balik yang indah tanpa penalti kerana gagal bayar pembayaran. Saya tidak mempunyai pilihan selain menghubungi mereka yang saya lakukan melalui teks + 1-989-394-3740 dan Encik Benjamin menjawab kembali kepada saya Hari itu adalah hari yang terbaik dan paling hebat dalam hidup saya yang tidak boleh dilupakan apabila saya menerima amaran kredit $ 400,000.00 Jumlah pinjaman kami yang dipohon. Saya menggunakan pinjaman dengan berkesan untuk membayar hutang saya dan memulakan perniagaan dan hari ini saya dan anak-anak saya sangat gembira dan memenuhi. Anda juga dapat menghubungi mereka melalui e-mel: (lfdsloans@outlook.com / lfdsloans@lemeridianfds.com) Helaian WhatsApptext: + 1-989-394-3740 Mengapa saya melakukan ini? Saya melakukan ini untuk menyelamatkan seberapa banyak yang memerlukan pinjaman tidak menjadi mangsa penipuan di internet. Terima kasih dan Tuhan memberkati anda semua, saya Oleksander Artem dari Horizon Park BC, Ukraine.

    BalasHapus
  3. The Slots and Casino Site - ChoDiego Casino
    ChoDiego Casino offers over 150 online casino games 카지노사이트 and more, including slots, video poker, live dealer games, 1xbet korean video poker and much 인카지노 more.

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About